My Blog List

Melanjutkan ke SMK atau SMA

Bagi kebanyakan siswa setelah lulus SMP, mereka kebingungan untuk melanjutkan sekolah di SMA atau SMK. SMA dan SMK menjadi jenjang pendidikan formal setelah lulus SMP. Memilih SMA atau SMK tergantung dari minat masing-masing.

SMA adalah jenjang pendidikan menengah setelah tamat SMP. SMA ditempuh seperti masa SMP, yaitu 3 tahun yang dimulai dari kelas 10 sampai dengan kelas 12. Siswa memilih SMA pada umumnya ingin memperdalam pengetahuan dan minat yang dimilikinya. SMA memiliki 3 jurusan yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Siswa akan memilih 1 dari 3 jurusan tersebut ketika memasuki kelas 11. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui di bidang apakah siswa lebih mahir penguasaannya.
Misalnya memilih jurusan IPA, ini karena siswa tersebut memiliki kemampuan dan minat di bidang IPA (Fisika, Biologi ataupun Kimia) daripada di bidang IPS seperti Manajemen, Hukum maupun Akuntansi. Pemilihan ini lebih khusus karena dapat menentukan masa depan siswa dengan lebih jelas. Memilih masuk jurusan IPA akan dapat melanjutkan ke bidang manapun saat kuliah nanti dibandingkan dengan IPS.

Sedangkan SMK adalah jenjang pendidikan formal setelah tamat SMP yang lebih mengutamakan bakat siswa. SMK juga banyak dipilih karena siswa secara langsung akan lebih mampu mengembangkan bakatnya disini. Setelah selesai SMK, siswa dapat langsung bekerja tanpa melanjutkan kuliah, karena SMK mengajarkan lebih banyak praktek daripada teori. SMK juga mendidik siswa untuk mandiri. Namun bagi kebanyakan orang, SMK dipandang menjadi pilihan terakhir karena nilai ujian mereka tidak mencukupi untuk dapat melanjutkan ke SMA.

Kelebihan SMA dibandingkan SMK adalah SMA mendidik siswa mendalami pengetahuan di bidang yang ditekuninya. SMA mengutamakan siswa yang telah lulus untuk melanjutkan kuliah, dimaksudkan agar siswa lebih mahir lagi menguasai bidangnya.

Dan kelebihan SMK dibanding SMA adalah SMK memfokuskan siswa untuk langsung mengembangkan bakat yang dimilikinya. Belajar di SMK akan lebih banyak praktek daripada teorinya. Selesai SMK, siswa dapat langsung bekerja tanpa harus melanjutkan kuliah. Siswa lulusan SMK cenderung mendapat pekerjaan yang sesuai atau mirip dengan yang diajarkan di SMK.

Nah, itulah perbedaan SMA dan SMK menurut saya. Memilih SMA atau SMK sebaiknya didasarkan pada keinginan pribadi, apakah ingin memperdalam pengetahuan atau mengembangkan bakat yang dimiliki. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...